Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Menghadiri Upacara Peringatan HUT Brigade Mobil ke-78

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Forkopimda Provinsi Lampung menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun  (HUT) Brigade Mobil (Brimob) ke-78 di Markas komando Satuan Brimob Polda Lampung, Kamis (16/11/2023).

Upacara Peringatan HUT Brimob ke-78 korps Brimob Polri pada tahun 2023 ini mengusung  tema “Negara Aman Menuju Indonesia Maju ” yang dimaksudkan bahwa Brimob Polri senantiasa siap siaga untuk menjadi garda terdepan menjaga stabilitas keamanan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kemantapan stabilitas keamanan adalah salah satu faktor utama yang sangat penting untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi nasional dan kepercayaan dunia internasional, selanjutnya pertumbuhan ekonomi yang baik akan mendorong bangsa Indonesia menjadi negara maju dan disegani dunia.

Dalam amanat tertulis Kapolri yang dibacakan pleh Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika S.H.S.I.K.M.Si yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur upacara menyebutkan bahwa salah satu pahlawan nasional yang juga Bapak Brimob Polri yaitu Komisaris Jenderal polisi Dr H.M Yasin pernah berpesan bahwa kalau kita mengabdi maka sejarah tidak bisa dibohongi, karena nanti yang akan membuktikan sejarah itu sendiri.

Pesan tersebut tentunya telah terbukti Di mana kita dapat melihat sejarah panjang pengabdian korps Brimob Polri dalam mengawal perjuangan bangsa Indonesia telah tercatat sebagai torehan tinta emas dan merupakan kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Saat ini Indonesia Tengah menghadapi tantangan Global, untuk menghadapi transformasi ekonomi membutuhkan stabilitas kamtibmas yang terkendali dan hal ini sebagaimana penekanan Presiden Joko Widodo dalam sidang paripurna tahun 2023 bahwa kestabilan kamtibmas sangat penting dalam pembangunan negara dalam rangka pertumbuhan ekonomi dalam situasi yang tidak pasti dan ketidakpastian global.

Untuk itu dalam rangka mendukung pembangunan pertumbuhan ekonomi nasional terdapat beberapa hal yang menjadi tugas dan tanggung jawab Brimob Polri :
1. Pengamanan Major Project pemerintah 
2. Pengamanan event nasional dan internasional.
3. Penanggulangan bencana alam, 
4. Penanganan KKB di Papua 
5. Ancaman terorisme, 
6. penanggulangan konflik sosial, 
7. Pengamanan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024.

“Saya berpesan agar rekan-rekan menjadi teratai putih sebagaimana lambang Polri yang bermakna tekad dan kemampuan mengubah situasi keruh menjadi tenang dan bersih ini dapat bertahan dalam berbagai situasi serta Ingatlah bahwa sikap dan tindakan Brimob harus dan hanya berorientasi kepada kepentingan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Dalam rangkaian Upacara Peringatan HUT Brimob ke-78, Gubernur Arinal Djunaidi didampingi Kapolda Lampung dan Komandan Satuan Brimob Polda Lampung Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto bersama seluruh jajaran Forkopimda diajak untuk mencoba seni bela diri tongkat atau stick Brimob Polda Lampung yang dilakukan bersama ratusan prajurit Batalyon Pelopor Brimob Polda Lampung. (Red/Adv)