Peringati Hari Kesehatan Nasional ke-59, Gubenur Arinal Djunaidi Lepas Peserta Jalan Sehat

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melepas Peserta Lomba Jalan Sehat Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-59 di halaman Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Minggu (19/11/2023).

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 tahun 2023 yang mengusung tema ” Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju” dimeriahkan dengan penyelenggaraan jalan sehat, dengan rute mulai dengan garis start dari halaman Dinas Kesehatan Provinsi Lampung menuju jalan DR. Soesilo dilanjutkan ke jalan Diponegoro kemudian berbelok ke jalan Nusa Indah, diteruskan ke jalan Way Sekampung dan jalan Way Semangka dan finish kembali di halaman dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Sesaat setelah melepas ribuan peserta jalan sehat, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama seluruh jajaran Forkopimda dan Pejabat Tinggi Pratama dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung ikut serta dalam jalan sehat dan berbaur bersama peserta sampai dengan garis finish.

Kegiatan Jalan sehat yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Kesehatan Provinsi Lampung ini diikuti oleh peserta yang berasal dari Pegawai dan keluarga Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung serta masyarakat umum.

Jalan sehat merupakan bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Lampung untuk menerapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini, menunjukkan komitmen untuk menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga, dan masyarakat secara keseluruhan.

“Baru saja kita mengikuti jalan sehat, yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik kita, tetapi juga menjadi sarana untuk mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan. Melalui jalan sehat ini, kita menggabungkan aktivitas fisik dengan kegiatan sosial yang positif,” ucap Gubernur Lampung.

Setiap orang berhak memperoleh pelayanan Kesehatan dan Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan Kesehatan yang layak, itulah amanat UUD 1945, berdasar mandat itulah, enam pilar transformasi kesehatan penopang sistem kesehatan Indonesia harus dibangun bersama dengan serius dan terus menerus.

Pemerintah Provinsi Lampung terus bersinergi dan berkolaborasi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan seluruh elemen masyarakat, agar enam pilar transformasi kesehatan bisa ditegakkan untuk perubahan yang lebih baik.

Gubernur juga berpesan bahwa transformasi Kesehatan tidak dapat diwujudkan tanpa transformasi budaya kerja para insan Kesehatan.

“Harapan saya seluruh pegawai dan pejabat pemerintah baik di Provinsi maupun di Kabupaten atau Kota dapat bekerja dengan kompeten, jujur, selaras dalam mengawal dan menyukseskan transformasi Kesehatan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada segenap insan kesehatan yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah dalam melaksanakan Pembangunan Kesehatan.

“Tenaga medis, tenaga Kesehatan, tenaga pendukung Kesehatan, LSM, swasta, media,¬†
profesional, akademisi, seluruh pegawai dan pejabat pemerintah di Provinsi dan Kabupaten kota, serta tak lupa para kader posyandu yang selalu semangat tanpa mengenal lelah, terimakasih dan terus semangat, sebab perjuangan kita belum selesai,” ucapnya.

Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kesehatan di mulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar.

“Mari kita terus berkomitmen untuk hidup sehat dan aktif, baik untuk diri sendiri maupun untuk masyarakat sekitar kita. Dengan memperhatikan kesehatan dan menjaga kebugaran kita, kita dapat berkontribusi lebih baik dalam pembangunan daerah kita,” pungkasnya.

Acara dimeriahkan dengan Lomba Senam Bersama Lampung Berjaya yang diikuti oleh seluruh  RSUD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Acara Makan Buah Bersama dan Pengundian doorprize. (Red/Adv)