Ketut Dewi Nadi Wakili Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Lampung Dalam Lomba Pidato Hari Lahir Pancasila

By Redaksi Jun 1, 2023

Bandar Lampung – Ni Ketut Dewi Nadi, ST mewakili fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Lampung mengikuti Lomba Pidato yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Lampung setelah gelaran upacara peringatan hari lahir pancasila yang di pusatkan di kantor sekretariat DPD PDI Perjuangan di Jalan Soekarno Hatta No.109, Labuhan Dalam, Kecamatan Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung, Kamis (1/06/2023).

Dalam kegiatan upacara hari lahir Pancasila tersebut dipimpin oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung Sutono serta sejumlah fungsionaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Lampung, anggota Fraksi Provinsi dan Kota Bandar lampung, Badan Sayap partai, Komunitas juang DPC Kota Bandar Lampung serta kader dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Dalam kegiatan tersebut Sekretaris DPD PDI Perjuangan Sutono mengatakan upacara peringatan hari lahir pancasila merupakan suatu momentum yang sangat penting, sebab harus di ingat kata dia bahwa pidato Bung Karno pada 1 Juni 1945 merupakan tonggak sejarah lahirnya pancasila sehingga Bung Karno memiliki jasa yang sangat besar.

“Pancasila merupakan konsep persatuan, dimana isinya meliputi keragaman suku, RAS, agama, budaya dan bahasa Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang mempersatukan Indonesia bahkan Bung Karno menganggap pancasila sebagai filosofis, fundamen atau pondasi filsafat berdirinya negara Indonesia merdeka.
Karena kita semua tau bahwa yang menggali bahkan bung Karno sendiri mengatakan bahwa beliau menggali pancasila dengan motivasi dengan pemikiran dan perjuangan. Kita tau bahwa Pancasila adalah dasar negara kita dan alat untuk mempersatukan bangsa kita”, ungkapnya dalam sambutan sebagai pembina upacara.

Selain melaksanakan upacara bendera, DPD PDI Perjuangan juga menggelar lomba pidato, sebagai bagian rangkaian kegiatan peringatan hari lahir pancasila sekaligus peringatan bulan Bung Karno.

Lomba pidato yang diikuti 24 peserta dari unsur partai dan anggota fraksi itu mengangkat tema ‘Kepalkan Persatuan untuk Indonesia Raya’. Tema tersebut dipilih untuk mengingat kan kembali bahwa PDI Perjuangan merupakan partai Nasionalis yang sangat menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Ni Ketut Dewi Nadi, sebagai perwakilan dari Anggota Fraksi DPRD Provinsi Lampung turut serta ambil bagian dalam perlombaan Pidato dalam rangka Hari Lahir Pancasila yang diselenggarakan DPD PDI Perjuangan provinsi Lampung.

“Saya memberikan diri untuk maju sebagai peserta untuk bersama sama kader PDI Perjuangan dalam memeriahkan hari lahir Pancasila tahun ini, walaupun belum menang, tapi saya senang sekali bisa ikut bagian dalam lomba pidato hari ini, dan kepada para juara, saya ucapkan selamat”, ungkapnya saat di wawancarai awak media.

Dalam melakukan penilaian terhadap peserta, DPD PDI Perjuangan menyiapkan sebanyak 3 juri yang berasal dari internal partai (May Sari Berti, Yanuar Irawan dan Donald Harris Sihotang). Dan beberapa kriteria penilaian pada lomba baca pidato diantaranya penguasaan panggung, penguasaan intonasi, penguasaan materi, sistematika dari pidato dan memberikan closing dengan waktu yang tepat.

“Masing-masing peserta di berikan waktu selama 5 menit untuk menyampaikan pidato nya dan 24 peserta itu sudah bagus sudah hebat-hebat dan sudah kita pilih pemenang yang paling hebat diantara yang hebat, yang juara tadi ada yang dari ranting, badan diklat, badan kebudayaan nasional kemudian fraksi ,” ungkap Donald Sihotang mewakili dewan juri.

I Komang koheri menjadi juara 1 lomba Pidato dalam rangka hari lahir Pancasila yang diselenggarakan DPD PDIPERJUANGAN provinsi lampung

Para pemenang lomba pidato diberikan hadiah berupa sertifikat, atribut dan uang tunai atas nama ketua DPD, Sekretaris DPD sebagai bentuk apresiasi.

“Ini sebagai bentuk penghargaan kita, apresiasi dari DPD partai, apresiasi dari pimpinan partai pak Sudin, dan buat para juara kami ucapkan selamat, kepada seluruh peserta yang mengikuti kompetisi hari ini, harapannya lewat kegiatan lomba pidato hari ini kita semua semakin solid dan kompak terlebih jelang kontestasi pemilu tahun 2024 mendatang,” punkasnya. (Red/Adv)