Zahi Nugraha, Anak SMA asal Lampung menjadi delegasi Indonesia dalam ASEAN Youth Sustainability Forum 2024

By Redaksi Jul 11, 2024

Madani News – Rasyiq Zahi Nugraha, siswa kelas 12 SMA asal Lampung, telah terpilih sebagai Delegasi Indonesia untuk ASEAN Youth Sustainability Forum 2024! Meskipun masih berstatus siswa SMA, Zahi berhasil bersaing dengan 3.735 kandidat lainnya, menunjukkan dedikasi dan kecintaannya yang luar biasa terhadap keberlanjutan.

Forum bergengsi ini akan diselenggarakan pada 16 hingga 20 Agustus 2024 di Johor Bahru, Malaysia. Forum ini merupakan wadah bagi para pemimpin muda, aktivis, dan pakar dari seluruh ASEAN dan kawasan Asia-Pasifik untuk berkolaborasi, berbagi pengetahuan, dan berdiskusi tentang iklim berkelanjutan, konservasi lingkungan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia di wilayah ASEAN-Asia Pasifik

Zahi menyadari, bahwa Banyak teman temannya yang juga memiliki impian mengikuti Student Exchange dan melanjutkan pendidikan diluar negri namun masih belum yakin yakin percaya diri terhadap diri sendiri, sehingga beberapa dari mereka pun sungkan walaupun hanya untuk mendaftar.

“Saya sering berdiskusi bersama teman teman saya, dan saya rasa mereka punya banyak potensi yang seakan terkubur, padahal di zaman digital seperti sekarang sudah banyak akses untuk mengolah informasi,belajar, dan mentoring ” jelasnya.

Sebagai anak pertama sejak kecil Zahi mempunyai keinginan yang kuat untuk mengenyam pendidikan di luar negri dengan beasiswa, mimpinya untuk menjadi Sarjana internasional pertama di keluarga dan menaikkan derajat orang tua dan membantu mengurangi beban kedua orang tua yang saat ini ketiga anaknya sedang menempuh pendidikan

“Suatu kebanggaan bagi saya menjadi salah satu delegasi Indonesia di ajang internasional,saya berharap ini menjadi langkah awal yang baik untuk sbisa menggapai mimpi dan berguna bagi lingkungan saya. Tapi saya tentu tidak ingin sendiri, saya ingin mengajak teman teman satu generasi dengan saya untuk terus berjuang menggapai mimpi dan jangan pernah menyerah” Ujarnya.

Dalam forum ini, anak-anak muda seperti Zahi akan berperan aktif dalam mencari solusi berkelanjutan untuk menghadapi tantangan yang dihadapi planet kita. Terpilihnya Zahi menyoroti potensi luar biasa dan komitmen para pemuda dalam mendorong perubahan positif untuk menyambut masa depan Indonesia Emas 2045. (Red)