Yudisium FEBI IAIN Metro: 244 Mahasiswa Siap Memperjuangkan Perubahan Sosial

By Redaksi Jan 22, 2023

Kota Metro – 244 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro mengikuti yudisium periode II tahun akademik 2022/2023, di Gedung Serba Guna Kampus 1 setempat, Kamis (19/1/2023).

Adapun 244 mahasiswa yang mengikuti yudisium FEBI IAIN Metro periode II tahun 2022/2023 terdiri dari 122 mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah (ESy), 79 mahasiswa dari Program Studi Perbankan Syariah (PBs), 26 mahasiswa dari Program Studi Akuntansi Syariah (AkS), dan 18 mahasiswa dari Program Studi Manajemen Haji dan Umrah (MHU).

Rektor IAIN Metro Dr. Hj. Siti Nurjannah, M.Ag., PIA, turut mengucapkan selamat bagi mahasiswa yang telah di yudisium hari ini.

“Saudara sudah sah hari ini menggunakan gelar di belakang nama. Gelar itu menandakan bahwa kalian adalah orang yang memiliki ilmu. Maka tentu kalian punya perbedaan diantara orang diluar sana, gunakanlah ilmu sebaik mungkin, mengabdikanlah diri bagi masyarakat diluar,” Ujar Dr. Hj. Siti Nurjannah, M.Ag., PIA.

“Ilmu sangat penting bagi kehidupan kalian hari ini dan kelak, jangan pernah berhenti mencari ilmu. Jangan lupa untuk terus meningkatkan adab, adab menjadi tolak ukur dalam membentuk karakter orang sehingga memperoleh predikat umat yang berkualitas. Jika ingin menyampaikan ilmu haruslah beradab. Jika ingin menasihati haruslah tahu adab dan etika cara menasehati. Jika ingin mengajak pada kebaikan meski hanya hal-hal kecil sekalipun haruslah di dalam adab yang benar. Karena dakwah pertama yang dilakukan Muhammad pun juga soal adab dan etika” tambahnya.

Sementara, Dekan FEBI IAIN Metro, Dr. Siti Zulaikha, S,Ag., M.H, menyampaikan rasa bangga atas telah diyudisiumkannya 245 mahasiswa FEBI dari 4 Program Studi.

Ia menyampaikan, gunakan ilmu yang telah didapatkan dari masa perkuliahan sebaik mungkin. Ilmu menjadi bekal untuk hidup bermasyarakat.

“Kalian harus memiliki perbedaaan di masyarakat, masyarakat menunggu kehadiran kalian dalam menyelesaikan permasalahan sosial ekonomi yang ada di tengah masyarakat. Maka, gunakanlah ilmu sebaik mungkin dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang kompleks di masyarakat. Sudah waktunya kalian mengambil peran” ujar Dr. Siti Zulaikha, S,Ag., M.H.

Diketahui, predikat lulusan terbaik fakultas diraih oleh Sri Puji Hastutik (ESy’18) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,88.

Predikat lulusan terbaik kategori pengabdian diraih oleh Sukron Setiawan (Esy’16) dengan kreasi Simple Woods.

Predikat lulusan terbaik kategori skripsi yang terbit di jurnal nasional oleh Amirul Mukminin (PBs’18) dengan judul Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan pada PT. BPRS Aman Syariah Lampung Timur.

Lalu, predikat lulusan terbaik kategori penelitian diraih oleh Suci Alifia (MHU’18) dengan judul Isthita’ah Kesehatan Jemaah Haji dalam Prespektif Dinas Kesehatan Kota Metro. (Red/Adv)