Anggota DPPRD Lampung Giri Kandidat Kuat Ketua DPRD Lampung

By Redaksi Mei 14, 2024

Bandar Lampung – Nama pimpinan DPRD Provinsi Lampung 2024–2029 mulai muncul. Partai Gerindra Lampung menjadi partai pemenang dengan raihan 16 kursi. Kemudian PDIP 13 kursi, Golkar 11 kursi, PKB 11 kursi, dan Nasdem 10 Kursi.

Sekretaris DPD Gerindra Lampung Ahmad Giri Akbar, bakal menjadi Ketua DPRD Provinsi Lampung. Ia merupakan caleg terpilih di Dapil VII Lampung Timur.

Ketua DPD Gerindra Lampung Rahmat Mirzani Djausal pun mengenalkan Giri sebagai bakal Ketua DPRD Lampung. Perkenalan ke beberapa pengurus Demokrat Lampung itu berlangsung saat Mirzani mendaftarkan diri sebagai calon Gubernur Lampung, pada 14 Mei 2024.

Mirzani tidak menampik nama Ahmad Giri Akbar menjadi sosok bakal ketua DPRD Lampung. “Memang ada yang lebih bagus dari Giri,” singkat Mirza.

Sementara itu DPD PDIP Lampung belum melakukan pembahasan kandidat Wakil Ketua DPRD Lampung. Pembahasan tersebut usai PDIP menggelar rakernas, 24 Mei 2024 mendatang.  Sejumlah nama yaitu Bendahara PDIP Lampung Kostiana, dan kader lainnya seperti Lesty Utami Putri, Yanuar Irawan dan lainnya. Namun belum ada nama yang santer akan mendapatkan jabatan unsur pimpinan

DPD Golkar Lampung juga belum mengajukan nama yang akan menjadi Wakil Ketua DPRD Lampung. Pembahasan akan berlangsung pada rapat pleno. Tiga nama akan diserahkan ke DPP Golkar.

DPW PKB Lampung belum merespon soal unsur pimpinan. Sekretaris DPW PKB Lampung Seh Ajeman dan anggota DPRD terpilih Faitkhatul Khoiriyah tidak merespon.

Sebelummya, NasDem menjadi partai pemenang dan berhak mendapatkan unsur ketua DPRD di Pesisir Barat dan Mesuji. Sedangkan, untuk Provinsi Lampung, Kota Bandar Lampung dan Metro. Lalu Kabupaten Pesawaran Lampung Utara dan Tulangbawang Barat, mendapatkan jatah unsur wakil pimpinan. (Red/Adv)