Anggota DPRD Lampung Budhi Condrowati Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 1 Tahun 2016

By Redaksi Mei 20, 2024

Tulang Bawang Barat – Anggota DPRD Provinsi Lampung Budhi Condrowati, S.E menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 1 Tahun 2016 tentang Rembug Desa dan Kelurahan Dalam Pencegahan Konflik di Provinsi Lampung.

Sosialisasi dilaksanakan di Kelurahan Mulya Asri, Kecamayan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Senin (20/5/2024).

Adapun Narasumber pada acara tersebut adalah A. Nazaruddin, S.I.P., M.I.P selaku Camat Tulang Bawang Tengah, Made Paita, dan acara dihadiri oleh kepala tiyuh Prambumi Restuaji, S.E beserta masyarakat setempat.

Budhi Condrowati mengatakan adanya Peraturan Daerah tentang rembug desa merupakan bagian upaya pemerintah dalam meminimalisir terjadi konflik di masyarakat.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk selalu melakukan pola hidup rukun dengan mengutamakan musyawarah dalam membangun desa.

“Melalui Rembug Desa ini, menurut dia akan dapat mengetahui masalah yang terjadi di desa atau kelurahan dan bagaimana solusinya, termasuk soal adanya konflik di masyarakat, ,” ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Mesuji ini.

Ditambahkannya, ini merupakan kegiatan rutin Anggota DPRD dalam mensosialisasikan Peraturan Daerah yang dibuat pemerintah agar masyarakat dapat mengetahui serta memahami isi dan fungsinya.

Menurutnya, bermusyawarah mufakat sangat efektif dalam meredam konflik dan menghindari kejadian yang berpotensi ke arah yang anarkis. Sehingga tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan.

“Kita minta dalam penyelesaian permasalahan itu menggunakan kepala dingin. Ini supaya tidak menimbulkan kerugian antara kedua belah pihak. Sehingga konflik tersebut dapat diredam,” pungkasnya. (Red/Adv)