Balikpapan – Wali Kota Metro Hadiri Gala Dinner Rakernas APEKSI XVII Tahun 2024

By Redaksi Jun 5, 2024

Kalimatan Timur – Wali Kota Metro dr. Wahdi, Sp. OG. (K), M.H beserta Ketua TP-PKK Kota Metro dr. Silfia Naharani Wahdi, Sp. KKLP, M.M menghadiri Gala Dinner pada Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seleruh Indonesia (APEKSI) Ke-XVII Tahun 2024, di Balai Kota Balikpapan, Senin (03/06/2024).

Gala Dinner tersebut turut dihadiri oleh Direktur Eksekutif APEKSI, Perwakilan Gubernur Kalimantan Timur, unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur dan Kota Balikpapan, delegasi APEKSI, Wali Kota dan Pj. Wali Kota se Indonesia.

Begitu tiba di lokasi acara, Wahdi mendapat sambutan hangat dari tuan rumah, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud, S.E bersama Istri Nurlena.

Pada kesempatan ini, Wali Kota Metro bersama istri bertukar cinderamata dengan Wali Kota Balikpapan. Dari Kota Metro, Wahdi beserta istri memberikan plakat miniatur Tugu Pena dan Kain Tapis. Sementara Wali Kota Balikpapan memberikan plakat dan tas yang bercorak Kalimantan.

Wali Kota Balikpapan dalam sambutannya menyampaikan menjadi tuan rumah Rakernas APEKSI XVII merupakan sejarah bagi kota Balikpapan.

“Untuk itu saya mengucapkan selamat datang di kota Balikpapan kepada peserta APEKSI,” sebutnya.

Rahmad Mas’ud menuturkan di usia APEKSI yang semakin bertambah, telah banyak melahirkan gagasan konstruktif yang membentuk gerbong lokomotif kemajuan bangsa ditengah-tengah perubahan zaman, serta mencermati isu terkini baik skala lokal dan global terkait perkotaan.

“Semoga kegiatan Rakernas APEKSI XVII ini mendatangkan manfaat bagi kita semua. Tentunya seluruh kota memiliki masalah yang berbeda dan kultur, budaya yang juga berbeda,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, yang menjabat Ketua Dewan Pengurus APEKSI menyampaikan kota di seluruh Indonesia memiliki kelebihan masing-masing.

“Bayangkan jika kelebihan itu dijadikan satu kekuatan besar. Kota itu saling melengkapi, maka kita bisa berikan yang terbaik dari APEKSI untuk Indonesia” kata Eri Cahyadi.

Ia menilai di APEKSI tidak ada kota yang tertinggal dan kota yang paling maju, karena menurutnya kota yang paling maju adalah kota yang bisa berintegrasi antara kota.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota yang hadir dalam acara ini. Besok pada acara Rakernas yang bertemakan KOTA SEJAHTERA, INDONESIA MAJU, bisa memberikan usulan dan sumbangsih terbaik bagi APEKSI untuk kita berikan pada Indonesia. Karena banyak hal yang harus kita lakukan dan APEKSI menjadi jembatan bagi seluruh kota dengan Menteri Dalam Negeri,” jelas Eri Cahyadi.

Pada acara Gala dinner ini turut diisi dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Wali Kota Balikpapan bersama Ketua APEKSI Eri Cahyadi dan Direktur Eksekutif APEKSI, yang sekaligus guna memperingati HUT (Hari Ulang Tahun) ke 24 APEKSI. Turut dimeriahkan penampilan budaya dari seluruh etnis yang ada di Balikpapan, penampilan fashion show, serta drama teatrical. (Red/Adv)