Dinas Koperasi dan UMKM Kota Metro Gelar Gebyar Temu IKM dan Sarasehan

By Redaksi Mar 8, 2023

Kota Metro – Pemerintah Kota Metro dalam hal ini Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkumpul dalam acara Gebyar Temu IKM dan Sarasehan dengan tema menjalin keakraban dan menciptakan solidaritas serta tetap fokus dalam berkarya, di aula SMK 2 Muhammadiyah, Bumi Sai Wawai, Selasa (7/3/2023).

IKM dengan bersama-sama bergotong royong baik dari ide dan saran serta memberikan sumbangan dana seluruhnya untuk acara ini, serta Paguyuban Seniman Api Lampung (PSAL) Kota Metro sekaligus sebagai sponsor dan apresiasi untuknya yang turut memberikan ide.Emi nelawati

Dalan sambutannya Kepala Dinas Koperasi dan UMKM yang di wakili Sekretaris Emi Nelawati menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran Kepala Dinas dikarenakan dalam waktu yang bersamaan ada kegiatan di Pemkot Kota Metro.

“Beliau mengucapkan permohonan maaf beserta ucapan terimakasih dan selamat datang kepada tamu undangan yang telah hadir di acara ini,” ungkapnya.

“Berkumpulnya dalam acara gebyar temu IKM dan sarasehan hari ini terselenggara sepenuhnya atas peran serta dukungan kerja keras dari semua IKM Kota Metro,” sambungnya.

Ia pun mengatakan IKM adalah bagian dari UMKM tetapi yang menghasilkan produk.

“Untuk di Kota Metro saat IKM berjumlah 1804 unit usaha untuk data per tahun 2022, dengan jumlah tenaga kerja lebih kurang 4160 orang. Dan di 1804 unit usahanya, ada 1796 unit usaha atau 90% masih katagori kecil sedangkan yang menengah ada 8 unit karena yang menengah ini omzet sudah di atas 1 milyar, jadi secara perekonomian IKM ini sangat berperan di Kota Metro,” paparnya.

Lanjutnya, Sebenarnya acara gebyar IKM bermula dari semangat yang sebelumnya telah tergabung dalam grup WA dengan anggota 290 orang maka tercetuslah acara ini.

“Dan kami sebagai Perangkat Daerah Kota Metro yang melaksanakan fungsi dan kewenangan bapak Walikota khususnya di bidang UMKM mendukung dan mensupport setiap gagasan dan ide yang dihadirkan oleh bapak dan ibu IKM sekalian,” tandasnya.

Pada kesempatan yang sama Asisten II Pemkot Metro Yeri Ehwan menambahkan kegiatan ini sesungguhnya di inisiasi oleh para pelaku Industri Kecil Nenengah (IKM) Kota Metro, khususnya Paguyuban Seniman Api Lampung (PSAL) Cabang Metro.

“Acara ini khususnya di Lampung sudah di tahun yang ke dua, dan kali ini mengusung tema Gebyar Temu IKM, untuk saling berbagi informasi, wawasan serta pengetahuan dalam usaha untuk memajukan usaha IKM,” ucapnya

“Kemudian memang salah satu untuk yang menyumbang dalam pertumbuhan ekonomi adalah industri pengolahan ini yang menduduki kedua yang terbesar, sehingga dengan pertumbuhan yang positif itu kita upayakan untuk memperkuat kegiatan pelaku usaha, baik UMKM maupun IKM agar meningkatkan serta bertambah yang naik kelas,” Pungkasnya. (Red/Adv)