Membenahi Sistem Pendapatan, Pemkot Metro Luncurkan Mobil Samling

By Redaksi Mei 21, 2024

Kota Metro – Sekretaris Daerah Kota Metro secara resmi meluncurkan layanan Mobil Samsat Keliling (Samling) Metro sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan yang berlangsung di Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah III Provinsi Lampung, Selasa (21/05/2024).

Mobil yang dilengkapi dengan perangkat dan petugas yang dapat melayani transaksi pembayaran pajak kendaraan tersebut ditandai dengan pemotongan pita dan pemecahan kendi sebagai simbol peresmian layanan Samling.

Kepala Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah III Provinsi Lampung, Derry MS, melaporkan bahwa tujuan kegiatan hari ini adalah untuk launching atau meresmikan mobil samling yang merupakan pemberian hibah dari Pemerintah Kota Metro untuk Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah III Provinsi Lampung untuk mempermudah para wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak.

“Kita mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada Pemerintah Kota Metro, apresiasi yang setinggi-tingginya atas perhatian kepada masyarakat khususnya di Metro, “ucapnya.

Derry juga mengatakan bahwa keturut sertaan Camat dan Luruh sangat penting dalam kegiatan launching Mobil Samling.

“Kenapa kami di sini mengundang dari Kecamatan dan Kelurahan karena mereka adalah yang berhubungan langsung dengan masyarakat disini, mungkin kedepannya kita akan lebih sering berkoordinasi kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang ada di kecamatan dan kelurahan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dalam pemeliharaan pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor, “tuturnya.

Diakuinya, dalam pelaksanaannya sosialisasi dan pemberian pelayanan kepada masyarakat, Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah III Provinsi Lampung juga membutuhkan koordinasi dan kerjasama yang baik dengan Pemerintah Kota Metro.

“Apabila kedepannya nanti bapak-bapak dan ibu-ibu ada kegiatan kita bisa diundang, jadi kita nanti bisa nimbrung di situ untuk sekalian sosialisasi juga bahwa Metro sekarang sudah memiliki fasilitas kendaraan Mobil Samsat Keliling yang digunakan untuk mempermudah seluruh masyarakat yang ada di Kota Metro, “ujarnya.

Sebelumnya, Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah III Provinsi Lampung telah mengambil inisiatif untuk mendukung pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan membentuk Unit Pelayanan Cepat (UPC) Samsat yang didedikasikan untuk memberikan pelayanan cepat dan efisien dalam hal pembayaran pajak kendaraan.

“Kalau sebelumnya kita sudah membuka UPC, hari ini alhamdulillah kita tambah lagi, instrumen atau fasilitas Pelayanan Pajak kepada masyarakat berupa Mobil Samsat Keliling, “ungkapnya.

Harapannya dengan adanya mobil Samsat Keliling dan UPC para wajib pajak akan merasa lebih terdorong dan termotivasi untuk memenuhi kewajiban mereka dalam membayar pajak.

“Untuk jadwal ini masih tentatif karena kita masih memetakan dulu wilayah-wilayah mana yang potensi untuk kita stand by Mobil Samling, “bebernya.

Dalam pelaksanaannya, Derry mengungkapkan bahwa Kantor UPTD Pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah III Provinsi Lampung akan mengunakan strategi “makan bubur panas”.

“Jadi kita ambil dari pinggir-pinggir mana yang berpotensi, yang memang bisa memudahkan masyarakat Kota Metro ini, untuk tidak capek-capek bayar ke Metro Pusat, “tuturnya.

Artinya, Pemerintah akan menyediakan layanan yang lebih dekat dan mudah diakses bagi masyarakat, sehingga mereka tidak perlu lagi berpergian jauh untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan.

“Kita juga menerapkan sistem jemput bola yang lokasinya akan diinformasikan melalui media sosial, seperti Instagram atau Facebook. Yang pasti tujuan kami benar-benar untuk memanjakan warga Metro dalam hal pembayaran pajak khususnya kendaraan bermotor, “pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah, Bangkit Haryo Utomo mengatakan, bahwa kegiatan hari ini adalah tindak lanjut dari komitmen Pemerintah Kota Metro dan upaya yang dilakukan untuk membenahi sistem pendapatan di Kota Metro dan provinsi agar dapat mengalami peningkatan.

“Oleh karena itu, komitmen kita adalah membantu 1 unit kendaraan Samsat Keliling yang akan beroperasi mulai dari hari ini, dan nanti akan ada event-event tertentu. Kemudian akan dijadwalkan dan nanti akan kita sampaikan juga melalui Radio Metropolis terkait jadwal pelayanan dan waktu pelaksanaannya, “ujarnya.

Bangkit juga membeberkan bahwa Pemerintah Kota Metro membutuhkan waktu 2 dalam proses pemberian hibah Mobil Samsat Keliling dengan melakukan koordinasi bersama BPKAD Kota Metro.

“Mudah-mudahan hari ini bisa operasional mobil yang kita kasih ke pemerintah provinsi agar dapat meningkatkan PAD Kota Metro, “harapnya. (Red/Adv)