Pemerintah Provinsi Lampung Dianugerahi Penghargaan Atas Dukungan Kuat pada Produk Dalam Negeri dari Kementerian Perindustrian RI

By Redaksi Mar 7, 2024

Bali – Atas dukungan kuat terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Pemerintah Provinsi Lampung berhasil meraih penghargaan sebagai Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik Tahun 2024 untuk Kategori Pemerintah Daerah Provinsi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, kepada Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dalam Acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri Tahun 2024, yang berlangsung di The Meru Sanur Hotel, Bali, Kamis (7/3/2024).

Pencapaian ini tidak terlepas dari implementasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) oleh Pemerintah Provinsi Lampung, yang secara aktif mendorong seluruh instansi pemerintah daerah untuk memprioritaskan produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa. Hal ini bertujuan untuk memperkuat struktur industri nasional, mendukung pertumbuhan ekonomi, serta memastikan kemandirian dan stabilitas ekonomi Indonesia.

Selain Provinsi Lampung, penghargaan serupa juga diberikan kepada Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat, yang sama-sama telah menunjukkan komitmen kuat dalam mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Penyerahan penghargaan turut disaksikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno.

Penghargaan Produk Dalam Negeri Tahun 2024 dilaksanakan untuk memberikan apresiasi kepada pihak yang memiliki peran besar dalam keberhasilan Program P3DN, yakni dari sisi pengguna dan produsen produk dalam negeri. Terdapat sejumlah kategori penghargaan yang diberikan, baik kepada Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, serta produsen industri kecil, menengah, dan besar.

Kegiatan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri Tahun 2024 ini mengusung konsep one stop event, menyediakan berbagai kegiatan seperti Desk Business Matching, Penganugerahan Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri, Pameran Produk Dalam Negeri, Talkshow Akselerasi Sertifikasi TKDN, serta Pojok Konsultasi untuk memfasilitasi pertemuan dan kolaborasi antara pelaku usaha dan pengguna produk dalam negeri.

Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong penggunaan produk dalam negeri, sebagai bagian dari upaya membangun ekonomi yang kuat, mandiri, dan berkelanjutan. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk semua pihak dalam mendukung industri dalam negeri dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja untuk masyarakat. (Red/Adv)