Pemkot Metro Gelontorkan Rp23 Miliar untuk Peningkatan Infrastruktur di Metro Selatan

By Redaksi Feb 16, 2023

Kota Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro menggelontorkan anggaran sebesar Rp23 miliar untuk pembangunan infrastruktur. Peningkatan infrastruktur tersebut diprioritaskan pada perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) yang ada di Kecamatan Metro Selatan.

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin mengatakan, untuk merealisasikan rencana peningkatan infrastruktur, ada peningkatan sebesar Rp6 miliar dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk di wilayah Metro Selatan ada peningkatan alokasi anggaran dari yang semula Rp17 miliar, di tahun ini menjadi Rp23 miliar. Tentu, itu nanti akan dibagi keseluruhan pembangunan. Saya tekankan sekali lagi karena di sini lahan yang paling luas, atau sebesar 857,5 hektare,” kata dia usai Musrenbang di Kecamatan Metro Selatan, Kamis, 16 Februari 2023.

Dia menambahkan, nilai anggaran yang disajikan untuk Kecamatan Metro Selatan nyaris sama dengan yang dianggarkan untuk Kecamatan Metro Utara.

“Meskipun nilainya sama, di Metro Selatan mengalami kenaikan yang lebih banyak. Kita akan fokuskan kepada peningkatan infrastruktur pertanian,” tambahnya.

“Kita akan konsentrasi di infrastruktur jalan, orang memang benar-benar cinta Metro ya, seharusnya membangun dengan kualitas. Hanya saya pesankan, tolong peningkatan jalan itu tidak lupa dari jalan usaha tani. Dari sekian luasan wilayah, maka harus diperhatikan jalan usaha tani dan sebagainya,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Metro Selatan, Fajar Riatama mengatakan, pihaknya telah menerima arahan dari Wali Kota untuk memprioritaskan pembangunan di sektor pertanian.

“Tadi arahan Pak Wali Kota, prioritas-prioritasnya hanya berkaitan dengan pertanian. Mungkin tidak bisa langsung semua, tapi insyaallah bertahap, perbaikan jalannya berkelanjutan,” ungkapnya.

Fajar menyebut, setiap kelurahan di Metro Selatan akan menerima pembangunan JUT. Tak hanya itu, perbaikan jalan, pengairan hingga penerangan juga menjadi prioritas.

“Insyaallah setiap Kelurahan pasti ada pembangunan jalan usaha tani. Selain jalan, drainase, talud, dan bronjongan juga jadi fokus utama pembangunan di tahun 2023 ini. Insyaallah tahun 2024 nanti akan ditambah yang lebih baik,” ungkapnya. (Red/Adv)