Sahlan Anggota DPRD Lampung : Pancasila Sebagai Benteng Diri dari Paham Radikal

By Redaksi Jul 8, 2023

Lampung Selatan – Penting nya Pancasila sebagai benteng diri, dari paham-paham Radikal’. Hal tersebut ditegaskan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Lampung, Sahlan Syukur, saat menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP), dihadapan masyarakat Desa Purwotani, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan. Sabtu (08/07/2023).

“Saya minta, Pancasila Sebagai Benteng Diri dari Paham Radikal. Ini penting agar masyarakat Purwotani bisa hidup rukun, aman dan damai,” kata Anggota Komisi II DPRD Provinsi Lampung, Sahlan Syukur disela kegiatan.

Mudah-mudahan, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung itu melanjutkan dengan sosialisasi yang digelar, ideologi masyarakat Purwotani Lampung Selatan semakin mantap. Karena, tidak ada yang pas dan mantap kecuali paham Pancasila.

“Untuk lebih dalam akan dipaparkan oleh kedua narasumber kita. Karena, mereka yang berkompeten di bidangnya. Minimal, pemuda-pemuda disini bisa berfikir lebih mantap dengan menggaungkan Pancasila di lingkungan sekitar,” ujar Sahlan.

Sementara, Dadin Ahmadin (Narasumber) mengatakan hadirnya anggota DPRD Lampung dalam kegiatan sosialisasi merupakan bagian dari Pancasila. “Hari ini hadir dalam kegiatan sosialisasi merupakan wujud dari implementasi Pancasila. Termasuk pak Sahlan yang mau menyapa masyarakat disini,” kata Dadin.

Kenapa demikian, Dadin melanjutkan. Tidak bisa dipungkiri budaya gotong-royong dikalangan masyarakat sudah mulai pudar dan bahkan hilang. Artinya, butuh penguatan dan penanaman pondasi lebih baik lagi. Salah satunya melalui kegiatan sosialisasi Pancasila ini.

“Gotong royong saja sudah mulai luntur di kalangan masyarakat. Jadi, kita harus saling menguatkan antar sesama, dilingkungan kita semua,” ungkap.

Karena, tambah Dadin. Pancasila hadir dan lahir sebagai ideologi bangsa, merupakan hasil tirakat dengan elemen, ulama, tokoh-tokoh, dan golongan-golongan. “Presiden RI pertama yaitu Bung Karno itu, sudah menggodok Pancasila secara utuh, dengan mengakomodir semua golongan, dan disesuaikan dengan kultur wilayah. Jadi, jangan ragu kita untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” kata Dadin. (Red/Adv)