Sosialisasi Ideologi Pancasila, Anggota DPRD Lampung Rahmat Mirzani Djausal: Ibu Sebagai Pesantren Pertama Untuk Anak

By Redaksi Feb 4, 2023

Bandar Lampung – Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sebagai kontrol dari kebijakan pemerintah, juga sebagai sumber informasi kepada masyarakat terkait peraturan dan sosialisasi. Salah satunya anggota DPRD Provinsi Lampung, Rahmat Mirzani Djausal yang mengadakan Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Ibu-ibu warga Kecamatan Enggal, Kota Bandar Lampung.

“Ibu-ibu yang hadir disini diharapkan dapat memberikan pendidikan mengenai Ideologi Pancasila di dalam keluarga, terutama kepada anaknya. Karena, ibu merupakan pesantren pertama dalam keluarga, setelah ayah,” kata Mirza sapaan akrabnya, Sabtu (4/2/2023).

Karena, ucap Mirza yang juga Ketua Gerindra Lampung ini, banyak sekali anak muda yang mulai terdegradasi tentang kecintaan kepada Pancasila. “Gadget saat ini menjadi masalah yang ada, karena banyak sekali pemahaman yang masuk dalam gadget tersebut. Tanpa kita ketahui banyak anak muda yang mempelajari dan terpapar oleh pemahamam yang mengikis nilai-nilai dari Pancasila,” ucap Mirza.

“Untuk itu, Pemerintah melihat ini sebagai masalah yang harus diselesaikan agar nantinya para penerua bangsa ini dapat mencintai dan memahami Ideologi Pancasila. Dan nilai-nilai tersebut dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya.

Kemudian, narasumber, Edi Siswanto yang juga praktisi akademik mengatakan saat ini nilai-nilai Pancasila tidak seperti dulu lagi. “Hal tersebut dapat dilihat dari anak muda sekarang yang mulai melupakan rasa gotong royong, toleransi, tolong menolong. Itulah nilai yang harus dikembalikan kepada generasi muda sebagai penerus bangsa ini,” ucapnya.

“Jadi, pondasi yang paling utama itu adalah keluarga, saling menguatkan dan mengingatkan agar nilai-nilai Pancasila selalu tumbuh dalam keluarga. Sehingga cita-cita bangsa yang kuat dalam peningkatan Ideologi Pancasila,” tambah Edy. (Red/Adv)