Watoni Anggota DPRD Lampung : Pancasila Merupakan Pedoman Bangsa Yang Wajib di Jalankan

By Redaksi Mar 3, 2024

Pringsewu – “Pancasila adalah pedoman bagi masyarakat, khususnya pemimpin. Jangan hanya mengutamakan keluarga, kerabat semata”, demikian disampaikan Dosen Universitas Lampung, Hertanto, (Narasumber) dihadapan warga Bulurejo Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu, saat menggelar Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (PIP-WK). Minggu (03/03/2024).

Artinya, Hertanto melanjutkan. Pancasila sebagai ideologi bangsa sangat dibutuhkan oleh semua negara. Dan untuk di Indonesia, adalah Pancasila. Karena, dalam lima sila yang ada di Pancasila, semua sudah diakomodir, dirangkul. Tanpa meninggalkan satu pun golongan, agama, rasa, suka dan budaya.

“Misal, dalam sila pertama. Kita diwajibkan bertuhan dengan kepercayaan masing-masing tanpa ada paksaan. Begitu juga, sila kedua, ketiga, keempat, dan kelima,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Koordinator pelaksana kegiatan Falentinus Andi mengatakan Pancasila wajib diterapkan dalam keseharian, untuk itu kegiatan yang digelar wajib diikuti dengan baik oleh peserta pada kesempatan kali ini.

“Kegiatan ini adalah agenda rutin dari Anggota DPRD Provinsi Lampung periode ini. Dengan harapan masyarakat Lampung bisa mengerti secara utuh tentang Pancasila,” tegasnya. (Red/Adv)