FEBI IAIN Metro dan Ketua Komisi II DPRD Lampung Resmikan “Kampung Lombok-An”

By Redaksi Sep 9, 2023

Kota Metro – Pimpinan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, Dr. Hj. Siti Zulaikha, S.Ag., MH Ketua Dekan FEBI IAIN Metro, Yuyun Yunarti, M.Si Dekan 2 FEBI IAIN Metro, Dharma Setyawan, MA Dekan 3 FEBI IAIN Metro, dan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung Siti Rahma, S.E., M.H meresmikan “Kampung Lombok-An” di Kelurahan Tejo Agung sekaligus mendorong agar seluruh kampung di kota ini kreatif dengan mampu menonjolkan potensi di daerahnya.

“Pimpinan FEBI IAIN Metro dan Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung sangat senang sekali kalau ada tempat yang dulunya tidak terawat dan tanah terbengkalai kini bisa disulap menjadi tempat yang bagus sekali apa lagi ini dibangun dengan kesadaran masyarakat dalam bergotong-royong demi membangun kampungnya menjadi kampung yang kreatif dan mempunyai value. Jumat.

Ketua Dekan FEBI IAIN Metro meminta kepada emak-emak, bapak-bapak dan anak muda untuk terus mempromosikan kawasan Kampung Lombok-An lebih luas lagi. Caranya dengan membuat konten mengenai kawasan Kampung Lombok-An melalui media sosial, mengenalkan kegiatan apa saja yang bisa dilakukan masyarakat di kawasan Kampung Tani.

Seperti wisata petik buah, sayuran, olahraga, tempat bermain anak, dan juga pujasera yang menjual beragam makanan.

Kawasan Kampung Lombok-An tersebut juga harus terus dijaga kebersihan dan kenyamanannya. Apabila nanti tempat ini sudah semakin ramai, harus ada inovasi-inovasi yang diberikan.

“Teman-teman bisa membuat konten edukasi berkebun, menanam, dan pembibitannya. Itu pasti menarik dan orang yang akan datang ke sini tidak hanya dari Kediri tapi juga orang dari luar kota. Dengan begitu ada aktivitas ekonomi di sekitar sini,” ujarnya.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung Siti Rahma, S.E., M.H juga mendorong agar masyarakat terus konsisten dan merawat gerakan pemberdayaan ini melalui nilai kegotong-royongan dan guyub di Kampung Lombok-An sehingga menjadi kawasan kampung kreatif cocok untuk wisata edukasi urban farming. Nantinya bisa mendatangkan anak-anak sekolah di Kota Metro serta Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung untuk belajar menanam dan memetik cabe secara baik.

Hal seperti itu, kata beliau, tentunya akan menarik bagi anak-anak dan juga orang tuanya.

“Nanti bisa kerjasama dengan dinas pendidikan, untuk mendatangkan anak-anak ke sini. Tapi programnya harus matang dan bagus agar anak-anak mau kembali lagi. Saya yakin kalau ini dikelola dengan baik apalagi didampingin oleh Kampus Perguruan Tinggi IAIN Metro dan Pendamping Program Keluarga Harapan Kak Abdul Rohman Wahid hasilnya akan luar biasa karena tempatnya ini sudah bagus,” kata dia.

Sementara itu, Dharma Setyawan Dekan 3 FEBI IAIN Metro memberikan pesan agar gerakan Kampung Lombok-An ini terus mengutamakan gotong-royong dan pertemuan rutin setiap minggu sekali agar gerakan ini mempunyai nilai-nilai kebaikan dan mempunyai ide kreatif karna adanya pertemuan rutin setiap minggunya gerakan tersebut mempunyai marwah yang sangat berarti bagi masyarakat sekitarnya.

Menurut Dharma Setyawan nantinya jika kawasan tempat ini ditata semakin cantik pasti Kampung Lombok-An ini menjadi salah satu tempat untuk rekreasi bagi keluarga dan anak-anak muda kedepannya.

“Senang sekali ada kawasan Kampung Lombok-An di sini. Apalagi gerakan ini dibangun dengan gotong royong pasti masyarakat terus tumbuh untuk melakukan perubahan bagi kampungnya menjadi kampung yang bermanfaat dan bisa menjadi ruang belajar bagi anak-anak kecil kedepannya”, ujar Dharma Dekan 3 FEBI IAIN Metro ini.

Turut hadir, Bu Lurah Tejo Agung, Pendamping PKH Metro Timur, Kampung Jahe-An, Kampung Pinggiran Sawah, Kampung Tejo Hijau, Kampung Banten Hijau Metro, Kampung Lada, Kampung Cacing, Organisasi GML Metro, Komunikasi Payungi dan tamu undangan lainnya. (*)